Eksistensi Sasirangan,

Batik sudah mendunia, lalu bagaimana dengan saudara sesama kain peninggalan seperti sasirangan? Apakah akan mengejar ke populeran batik yang terkenal sampai ke luar negeri, atau akan diam sampai zaman melupakan dan anak cucu tidak tahu sama sekali. Ini memang bukan masalah besar tapi rasanya sangat perlu diperhatikan karena Sasirangan adalah salah satu peninggalan budaya yang sangat berharga.
Sasirangan
Sasirangan
 
Jujur bahkan untuk kebanyakan orang Banjar terlebih yang tinggal dikota tidak begitu mengetahui secara detail tentang sasirangan. Dari motif-motif sasirangan sampai sejarahnya. Yang kebanyakan mereka tahu sasirangan ya sasirangan,  semacam kain yang sering dipakai saat kondangan atau acara resmi. Untuk masyarakat banjar sendiri sasirangan kadang hanya sebagai pakaian mingguan kadang dikantoran ataupun didunia pendidikan dipakai satu hari tertentu dalam satu minggu. Jarang sekali terlihat dipakai untuk pakaian sehari-hari.

Padahal menurut sejarahnya Sasirangan bernama kain permintaan dan biasa dipakai untuk pengobatan, sungguh mujarab kan kain ini tapi itu sejarahnya dulu apa sekarang masih seampuh dulu belum ada yang membuktikan, tapi itu bukan masalah utamanya karena masalah utamanya tentang eksistensi  sasirangan itu.
Dan sedihnya jarang sekali ada inovator sasirangan. Tidak seperti batik yang beberapa tahun terakhir telah berinovasi dengan hal hal baru seperti batik motif klub sepakbola, jaket hoodie batik, tas laptop dan lainnya.
Tentunya diperlukan inovator dan promosi yang handal untuk meng-eksiskan  kembali sasirangan ke kancah nasional dan mungkin setelah itu berencana ke kancah internasional. Dan sasirangan rasanya masih punya peluang yang sangat besar untuk diberi sentuhan baru karena kebanyakan pemain saat ini mengaplikasikan sasirangan ke dalam hal-hal formal. Padahal kebanyakan suatu barang budaya menjadi terkenal karena berinovasi dari pakem yang ada, nah dari situ orang akan tertarik dan besar kemungkinan setelah tertarik akan mencari yang original.

Pada akhirnya kita sendiri yang menentukan apakah sasirangan tinggal sejarah, atau akan maju.

0 Response to "Eksistensi Sasirangan, "

Post a Comment