4 Jajanan Khas Kalimantan Selatan



Selain mempunyai budaya yang unik dalam bidang transportasi seperti Pasar Terapungnya yang terkenal, Kalimantan Selatan juga mempunyai ciri khas lain khususnya kuliner, tidak hanya menyajikan hidangan berat seperti Soto Banjar dan Ketupat Kandangan, Kalimantan Selatan mempunyai jajanan ringan seperti kue-kue dibawah berikut ini:

1. Lakatan



Lakatan terbuat dari beras dan gula merah, mempunyai warna gelap, meskipun dikenal sebagai wajib, namun umumnya di Kalimantan Selatan, mempunyai rasa yang khas seperti menambahkan telur ataupun durian.

2. Apam






Kue tradisional ini bisa ditemukan di kota Barabai, Apam merupakan ciri khas dari kota Barabai (150 km dari kota Banjarmasin). Terbuat dari beras dan gula, rasanya yang manis dan mempunyai warna-warni terkeculi apam putih yang berasa hambar.

3. Dodol



Tidak hanya mempunyai ketupat khas kandangan, dodol juga merupakan jajanan tradisional di daerah Hulu Sungai Selatan. Rasanya yang legit dengan dibungkus plastik, untuk mendapatkannya anda bisa menemukan toko oleh-oleh karena daya tahan simpannya bisa cukup lama.

4. Kelelepon



Bentuknya yang mirip Onde-onde namun berwarna hijau berbalut parutan kelapa ini merupakan kue tradisional yang berasal dari kota Martapura. Bentuknya yang kenyal dan ketika digigit, cairan gula merah akan memanjakan lidah anda.

0 Response to " 4 Jajanan Khas Kalimantan Selatan"

Post a Comment