Cara Cepat Mengatasi Flu




Memasuki pergantian musim, pastinya suhu dan iklim akan berubah secara drastis dan membuat sebagian masyarakat mula sakit karena daya tahan tubuh mereka menurun. Perubahan suhu dan iklim yang drastis ini juga memicu bakteri untuk berevolusi secara cepat dan menjadi virus yang semakin berbahaya yang dapat menyerang kesehatan manusia. Hal ini biasanya akan mengakibatkan gangguan kesehatan ringan seperti flu yang akan sangat menyiksa si penderitanya.

Flu adalah gangguan kesehatan dimana penderitanya mulai merasakan demam, pilek, pusing, dan mengalami bersin yang terus menerus saat terkena udara dingin. Penyakit flu ini akan sangat menyiksa para penderitanya, karena ia akan membuat penderitanya menjadi lemas, lesu, dan kehilangan konsentrasi dan selera untuk beraktifitas sebagaimana mestinya. Karena biasanya para penderita flu ini akan merasakan pusing yang luar biasa dan badan yang tidak nyaman untuk diajak beraktifitas seharian. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya ?
 
Tak perlu terburu buru ke dokter untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah ringan berikut ini hingga benar-benar sembuh, agar flu akan meninggalkan Anda dengan sendirinya tanpa membutuhkan bantuan dokter yang akan menguras biaya.

1. Hembuskanlah angin dari lubang hidung Anda

Di saat mengalami flu, Anda pasti mengalami gejala hidung tersumbat yang sangat menjengkelkan dan menyiksa. Anda dapat mengatasinya dengan menutup salah satu lubang hidung Anda dan menghembuskan anginnya kuat-kuat hingga lendirnya keluar sehingga hidung Anda tidak mampet lagi. Anda dapat melakukannya secara bergantian agar hidung Anda menjadi lebih bersih. Tetapi ingat, untuk tidak menghembuskannya terlalu kuat agar hidung Anda tidak sakit. Setelah itu pastikan tangan Anda kembali bersih agar virus tidak memperparah penyakit Anda.

2. Istirahat Secara Total
 
Pada saat mengalami flu, usahakanlah untuk beristirahat secara total di tempat tidur. Pakailah pakaian hangat, dan gunakan minyak kayu putih bila perlu untuk memperhangat tubuh Anda, dan biarkan tubuh Anda beristirahat secara total hingga tubuh anda kembali pulih.

3. Konsumsi air hangat

Ketika mengalami flu, sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi minuman hangat. Karena uap dari minuman hangat yang Anda minum akan membantu Anda mengencerkan lendir pada hidung, dan juga akan menghangatkan tubuh Anda hingga terasa nyaman. Langkah ini juga ermanfaat untuk mengganti cairan tubuh Anda yang hilang selama flu yang terbuang dari keringat, lendir, dan juga ludah Anda.

4. Hiruplah aroma Menthol

Saat hidung Anda sedang tersumbat, sebaiknya Anda mengoleskan minyak atau balsam yang beraroma menthol. Menthol ini selain membantu mencairkan lendir di hidung Anda, ia juga akan mengobati iritasi di sekitar hidung Anda saat Anda mengucek hidung terlalu kuat ketika sedang tersumbat.

5. Tinggikan Bantal Anda

Saat mengalami flu, sebaiknya Anda menggunakan bantal double untuk mengurangi terbentuknya lendir pada hidung Anda. Tidurlah secara telentang agar Anda bisa bernafas lebih nyaman sampai Anda benar-benar sembuh.

6. Konsumsi Cabai

Anda dapat menambahkan sedikit taburan cabai atau menambahkan sambal pada makanan Anda agar lendir pada hindung Anda mudah mencair. Karena pada cabai terdapat kandungan Capsaicin yang dapat membantu membersihkan ringga hidung Anda secara efektif dan ringan. Bahkan Anda pun tak perlu kesakitan atau kerja keras untuk membersihkan hidung Anda dengan cara ini.

Anda dapat mengkonsumsi sup atau berbagai makanan yang mengandung kuah dengan taburan cabai atau lada agar hidung Anda bebas dari rasa tersumbat yang menyiksa.

0 Response to "Cara Cepat Mengatasi Flu"

Post a Comment