Sejarah Sir William Wallace


Anda tentunya pernah mendengar nama Sir William Walace yang merupakan pejuang heroik yang berasal dari Scotlandia ini. Bahkan cerita perjuangan hidupnya telah difilmkan dan mendapatkan 5 piala oscar. Namun yang Anda ketahui, sebenarnya film tentang Sir William Wallace ini sedikit melenceng dari alur cerita. Namun, apapun itu, tidak mengurangi kekaguman dan kecintaan para warga Scotlandia yang mengagumi berbagai sifat heroiknya.


Sir William Wallace ini merupakan seorang yang lahir di Elderslie, Scotlandia pada masa kekaisaran Alexander III. Beliau merupakan pengikut setia dari Walter Fitzalan. Nenek moyang beliau merupakan seorang tuan tanah yang menguasai Auchincruive, Tarbolton, Riccarton, dan juga Stenton. Dan ayahnya yang bernama Alan seorang anggota keluarga Lamont yang tewas dalam pertempuran di loundon Hill pada tahun 1291.


Nama Sir William Wallace melambung dan menjadi terkenal sejak ia membunuh seorang Sherif inggris yang bernama William Hesselrig pada tahun 1927 yang merupakan pembalasan dari Marion Braidlute. Setelah itu ia dan para pengikutnya meninggalkan Selkirk Forest dan kemudian bergabung dengan Andrew Moray di Stirring. Sejak saat ia bergabung dengan Moray maka ia menyebabkan kemajuan yang pesat dan kekuatannya jauh meningkat daripada sebelumnya. Karena itulah pada saat itu tempat itu menjadi pusat dan tempat peperangan melawan para masyarakat Inggris.



Daftar Kemenangan Sir William Wallace:



1. 11 September 1297


Wallace dan para pasukannya memenangkan pertempuran yang terjadi di jembatan Stirling. Pasukan Inggris yang terdiri dari 3000 kavaleri dan 5000 Infanteri dapat dikalahkan dengan mudah ketika mereka sedang menyebrang pada sisi utara sungai. Saat itu pasukan Inggris tersebut dipimpin oleh John de Warenne.


2. 1 April 1298 pada pertempuran Falkirk


Para penyerang Inggris ini telah menyerang Scotlandia dan merebut sejumlah kastil di Roburgh. Namun sepak terjangnya gagal kembali saat menghadapi Sir William Walace.

Lalu saat September 1289 Sir William ini memutuskan mundur dari jabatannya dan berekonsiliasi dengan Raja Edward menuju Prancis. Namun akhirnya pihak Inggris melakukan pengejaran dan menangkapnya dan diserahkan pada Raja Edward yang dikomando oleh John de Menteith yang merupakan seorang ksatria dari Skotlandia.

Sir Willia Wallace ini disidang di Pengadilan Westeminster Hall London dan dia disebut sebagai Raja Kriminal. Dan pada Tanggal 23 Agustus 1305 hukuman bagi Wallace ini dilakukan dengan ditelanjangi dan diseret menggunakan kuda menuju kawasan Elms di Smithfield. Ia kemudian menjalani hukuman gantung dan kabarnya mayatnya dimutilasi dan diperlakukan dengan tidak layak, namun pada akhirnya mayatnya dikuburkan oleh seorang biarawati pada tengah malam. Sebelum digantung, ia dikuliti secara hidup-hidup, namun ia tidak menyerah dan tunduk kepada Inggris sampai akhir hayatnya. Dan



Bahkan sampai saat ini Sir William Wallace ini disanjung, dihormati dan tetap dikenang sebagai patriot yang melawan Inggris yang gigih dan pahlawan kebenaran sampai akhir hayat. Dan kesetiannya yang sampai akhir tersebut ia perjuangkan selama bertahun-tahun tanpa kenal menyerah hingga Scotlandia mempunyai kedaulatan seperti sekarang ini.

0 Response to "Sejarah Sir William Wallace"

Post a Comment