Landak Mini





Landak mini merupakan salah satu jenis landak yang sudah mulai dilirik sebagai binatang peliharaan. Landak mini ini merupakan hewan yang biasanya digemari oleh para pria yang ingin memelihara sesuatu yang berukuran mungil namun tetap terasa unik dan gagah untuk dipandang. Landak mini ini biasanya diperjualbelikan layaknya hamster yang juga digemari oleh sebagian pria dan wanita.



Landak mini yang biasanya menjadi binatang peliharaan adalah landak mini Alterix yang berasal dari Afrika tengah. Landak ini merupakan hasil dari persilangan antara White Bellied dan Algerian yang menghasilkan warna bulu yang putih dengan mata yang berwarna merah. Dan duri pada badan landak mini ini juga tidak beracun dan terkait yang bisa melukai tangan Anda. Hanya memerlukan kebiasaan untuk menyentuhnya sehingga duri tidak akan terasa sakit dan terasa seperti memegang sikat biasa.

Dibalik penampilannya, landak mini ini sebenarnya lebih jinak daripada hamster yang berukuran mungil. Landak mini ini mudah untuk disentuh dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Namun, bila ia sedang merasa terancam, ia akan menggulungkan seluruh tubuhnya agar seluruh tubuhnya terlindung dengan duri yang ia punyai.

Landak mini ini memiliki bentuk badan yang cenderung oval yang berukuran sekitar 15-20 cm dengan berat badan berkisar 200-600 gram, atau bahkan ada juga yang berukuran mencapai 700-900 gram. Dengan ukuran yang cukup besar ini, landak ini sangat pas dalam ukuran genggaman tangan dan tidak mudah terlepas karena karakter badannya yang berduri.

Hewan ini merupakan hewan yang cenderung noctural atau hewan yang aktif pada saat malam hari. Hewan ini sangat suka tempat-tempat yang cenderung gelap dan minim penerangan dengan suhu yang sejuk yang mencapai 21-27°C. Anda harus menjaga suhunya agar tidak menjadi lebih dingin daripada yang ditentukan agar landak mini ini tidak memasuki proses hibernasi =D. Hewan mungil ini juga dapat melindungi dirinya dari serangan tikus dengan mengandalkan menggulung tubuhnya agar menjadi bola duri untuk melindungi tubuhnya agar tidak dimangsa dengan mudah.




Untuk makanannya, Anda dapat memberikan makanan kering yang biasa Anda berikan untuk makanan Anjing/kucing dan divariasikan dengan ulat hongkong, ulat jerman, dan berbagai jenis serangga yang berukuran kecil lainnya untuk melengkapi nutrisi pada tubuhnya. Karena memang landak ini merupakan pemakan serangga yang aktif di malam hari. Landak mini ini juga tidak boleh diberi susu untuk menjaga kesehatan perutnya yang memang cenderung sensitif terhadap susu.

Untuk tempat makannya, Anda dapat memberikannya makanan dengan mangkuk kecil yang terbuat dari kaca dengan ukuran ± 5cm atau asbak yang berukuran kecil agar ia dapat makan dengan mudah dan nyaman tanpa takut akan ada insiden terbaliknya tempat makanannya. Untuk tempat minumannya Anda dapat mengajarinya untuk minum dari botol yang biasa digunakan untuk air minum para hamster.

0 Response to "Landak Mini"

Post a Comment