Jenis-Jenis Empek-Empek


Empek-Empek merupakan makanan yang terbuat dari campuran sagu dan ikan yang berasal dari Palembang. Empek-empek ini biasanya disajikan dengan cuko atau saus yang berwarna cokelat kehitaman yang cukup encer sebagai pelengkap dan juga penggugah nafsu makan bagi para peminatnya. Biasanya cuko disajikan dengan rasa pedas atau manis.

Pempek sendiri telah diolah menjadi berbagai jenis bentuk dan rupa. Berikut ini adalah beberapa bentuk pempek yang sangat terkenal dan juga digemari oleh berbagai lapisan masyarakat yang ada hingga saat ini:




Empek - Empek Palembang


1. Pempek Kapal Selam





Pempek ini adalah pempek yang berisi telur di dalamnya. Dan pempek ini merupakan pempek dengan ukuran yang paling besar dari berbagai jenis pempek yang ada. Bahkan Anda hanya perlu menikmati satu porsi saja untuk merasa kenyang.

2. Pempek Lenjer



Pempek Lenjer adalah pempek yang biasanya disajikan dengan digoreng lalu diberi cuko dan bentuknya cenderung panjang. Pempek ini memiliki rasa yang hampir sama dengan pempek kapal selam, namun bedanya pempek ini tidak disertai dengan telur didalamnya.

3. Pempek Lenggang



Pempek ini adalah pempek yang dicampur dengan telur bebek yang kemudian disajikan ke dalam daun pisang lalu dibakar atau juga dapat digoreng seperti biasa. Namun pempek telah dibakar tersebut akan menghasilkan rasa yang cenderung gurih, dan pempek yang dipanggang lebih banyak digemari daripada pempek yang digoreng.

4. Pempek Tunu



Pempek ini diolah dengan cara dibentuk menjadi adonan bulat lalu diisi dan langsung dipanggang. Biasa pempek ini diisi dengan ikan kering, kecap manis, kecap asin, cabai kering dan juga ebi.

Dalam pembuatan pempek ini biasanya hanya dibuat oleh mereka tangan-tangan yang ahli agar pempek yang dibuat tidak terasa amis. Pempek ini adalah pempek yeng tidak digoreng sama sekali dalam proses pembuatannya. Sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang menjaga kualitas suaranya agar tetap baik.

5. Pempek Kriting


Pempek ini adalah pempek yang dikonsumsi tanpa melalui proses penggorengan terlebih dahulu. Bentuknya sangat garing dan enak untuk dikonsumsi walau tanpa digoreng. Tapi bagi Anda yang sangat gemar akan rasa gurih, maka kami sarankan untuk menggorengnya, karena rasa pempek keriting ini akan terasa sangat gurih dan nikmat saat telah digoreng.

6. Pempek Pastel





Pempek ini adalah pempek yang di dalamnya telah diisi dengan buah pepaya muda. Buah pepaya muda yang ada di dalamnya telah dimasak terlebih dahulu sehingga rasanya tetap nikmat dan juga aman untuk dikonsumsi.

7. Pempek Tahu





Pempek ini adalah pempek yang isinya mayoritas adalah tahu dan diselimuti dengan tepung tapioka ala pempek yang terasa sangat khas. Pempek ini sangat enak disajikan saat ia telah digoreng terlebih dahulu.


8. Pempek Model




Pempek model adalah pempek yang lmirip dengan pempek tahu, hanya saja pempek ini lebih banyak berisi adonannya daripada tahunya. Pempek ini lebih nikmat disajikan dalam bentuk sup daripada digoreng.

0 Response to "Jenis-Jenis Empek-Empek"

Post a Comment