Transportasi Sungai di Kota Banjarmasin

Banjarmasin terkenal sebagai kota seribu sungai. Namun sayangnya sungai dibanjarmasin

hari demi hari mengalami penyempitan karena dibuatnya pemukiman dipinggir sungai yang sampai memangkas lebar sungai. Bahkan beberapa sungai mati karena dibiarkan adanya bangunan liar yang tumbuh subur diatasnya.

Seandainya fungsi dan potensi sungai di Banjarmasin dimaksimalkan untuk seperti pariwisata misalnya, rasanya sungai lebih bisa digunakan untuk banyak keperluan dan membantu pertumbuhan ekonomi. Kebanyakan yang ada sekarang sungai dijadikan tempat sampah raksasa karena warga dengan seenaknya membuang berbagai sampah rumah tangga ke sungai, padahal dilain pihak sungai dimanfaatkan untuk keperluan mandi, cuci dan buang air besar dan kecil.

Padahal dulu sungai di Banjarmasin digunakan untuk jalur transportasi. Jadi bisa dibayangkan seandainya ada transportasi disungai yang sekarang hanya dimanfaatkan segelintir masyarakat saja. Menjadikan sungai seperti jalan raya tentunya hal ini akan meningkatkan kunjungan wisata dan memberikan transportasi alternatif karena memang jarang hal ini me.rupakan hal yang unik karena jalan-jalan diperkotaan menggunakan jalur sungai sebagai jalur transportasi.

Dan seandainya hal ini diaplikasikan, sungai dijadikan jalur transportasi sebisa mungkin menggunakan mode perahu dengan mesin yang tidak mencemari lingkungan jadi kebersihan sungai bisa dijaga.


0 Response to " Transportasi Sungai di Kota Banjarmasin"

Post a Comment