Pemadaman Kebakaran

Ada banyak  bencana yang mengancam beberapa daerah di Indonesia seperti banjir, longsor, semburan gunung berapi, sampai angin puyuh dan kebakaran.
Untuk yang bencana terakhir, rasanya hampir kota Banjarmasinlah yang menjadi  langganan bencana kebakaran  dikarena  dalam beberapa bulan terakir angka kasus kebakaran meningkat dikarenakan kemarau panjang dan juga listrik byar-bet yang menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran.
Jika anda berkunjung ke Banjarmasin, dan anda melihat kepulan api dari jauh, maka anda akan melihat banyaknya mobil pemadam yang berseliweran menuju lokasi kebakaran, Jumlah kasus kebakaran untungnya berbanding lurus dengan jumlah pemadam kebakaran yang ada di kota ini baik yang resmi dari pemerintah setempat ataupu hasil swadaya masyarakat.
Solidnya petugas pemadam di Banjarmasin mungkin salah satu kebanggaan bagi orang banua, seperti yang telah disebutkan bahwa mobil pemadam akan berseliweran dalam kecepatan tinggi menuju lokasi kebakaran  setelah mendengar adanya sebuah tempat yang terbakar. Dengan singgap dan saling kontak melalui jaringan radio HT, bencana kebakaran akan menggerakkan petugas menuju lokasi meskipun sebagian dari mereka berasal dari daerah yang jauh.
 Namun sayangnya seiring menjamurnya petugas pemadam swada menimbulkan pungutan liar  dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengatas namakan daerah tertentu dengan meminta sumbangan. Biasanya pungli ini dilakukan beberapa orang yang berpakaian seperti petugas BPK, hal yang tidak wajar dari aktifitas mereka bahwa dalam meminta sumbangan, oknum tersebut berasal dari luar kelurahan dari tempat bpk itu berada. Hal ini menimbulkan kecurigaan apakah uang itu memang dipakai untuk infrastruktur dan perawatan pemadam kebakaran atau hanya dinikmati oleh oknum-oknum tersebut.
Oleh karena itu, sebaiknya BPK Swasta bisa didata ulang seperti jumlah petugasnya dan kejelasan dana yang masuk sehingga pungutan liar berbentuk sumbangan seperti ini tidak sampai diluar wilayahnya, sehingga masyarakat mempunyai kepercayaan terhadap petugas sukarela ini dengan adanya info yang jelas tentang kegiatan pemadaman kebakaran.

0 Response to "Pemadaman Kebakaran"

Post a Comment