Martapura Kota Intan

Bagi para wanita yang menyukai batu-batu mulia dan perhiasan, memilih kota Martapura ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan bisa menjadi surga belanja. Selain terkenal dengan kudapan Keleleponnya, kota ini juga terkenal sebagai pusat penjualan batu mulia seperti batu Intan.

Bagi yang ingin membeli batu Intan, cukup mengunjungi pusat perbelanjaannya yang berada di pusat kota Martapura bernama Pasat CBS, Cahaya Bumi Selamat yang terletak berdekatan dengan Masjid Raya Al-Mukarramah dan Taman Fatihah. Selain sebagai tempat sentra penjualan intan, pasar ini juga menyediakan beberapa barang khas kalimantan seperti tikar rotan dan aneka senjata tajam.

Jika ingin meliat secara langsung proses pendulangan intan, anda bisa pergi dari CBS ke Cempaka yang terletak di perbatasan kota Banjarbaru dan Martapura. Sekitar hampir 5 kilometer dari perbatasan. Ditempat ini terkenal sebagai tempat pendulangan intan tradisional, untuk memasuki daerah pertambangan tidak dikenan biaya apapun.

Selesai berbelanja di Pasar CBS, kita bisa mengeksplor daerah pasar dan taman di depannya yang dikenal dengan nama Taman Fatihah. Kita bisa bersantai sejenak di taman ini, disekitarnya ada banyak bangunan menara-menara kecil yang bagian puncaknya dihiasi bangunan berbentuk intan dan berkaligrafikan ayat dari surah Fatihah.

Jika anda seorang yang religius selain berbelanja Intan perhiasan di kota martapura anda bisa juga merasakan wisata religi seperti berziarah kebeberapa makam ulama terkenal di Martapura dan Kalimantan Selatan seperti Makam Guru Sekumpul dan Datu Kelampayan.


0 Response to "Martapura Kota Intan "

Post a Comment