Tips Dasar Memotret Foto Potrait

Tips Dasar Memotret Foto Potrait



Dalam dunia fotografi, memotret tidaklah dibatasi dengan jenis kamera apapun yang sedang Anda pegang saat ini. Karena, dengan kamera sebaik apapun, bila Anda tidak mengetahui cara memotret yang baik, hasil jepretan Anda pun hanya akan menjadi sampah. Karena, yang terpenting adalah bagaimana cara untuk mengambilnya dengan cara yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk mengambil foto dengan cara potrait, yang memang merupakan cara yang banyak digunakan oleh semua orang pada umumnya.

1. Mendekatlah dan Berinteraksilah dengan Model Anda



Bagi para fotografer, jarak memanglah suatu momok yang harus dapat dikalahkan. Karena, sebagaimanapun fasilitas kamera Anda, jarak yang dekat dengan model, akan membuat tampilan foto Anda menjadi lebih baik daripada jarak jauh. Jadi janganlah malu, wahai para pemula untuk mendekat dan berinteraksi dengan model Anda. Karena dengan berinteraksi, itu akan mencairkan suasana dan membuat ia dan Anda akan melakukan fotografi dengan lebih rileks dan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada jarak jauh.

2. Perhatikan Komposisi



Saat memotret, perhatikanlah komposisi Anda. Jangan melulu menempatkan kepala model Anda berada di tengah foto Anda, karena justru akan menghasilkan foto yang kurang menarik dan cenderung membosankan. Sesekali berkreasilah dengan menempatkan model Anda pada sudut gambar dengan mengambil gambar model dengan berbagai sudut gambar ataupun menempatkan model pada bagian 1/3 dari frame Anda. Berkreasilah dengan gaya dan jarak apapun untuk mendapatkan hasil terbaik dan memuaskan.
3. Perhatikan Bahasa Tubuh Model



Para model, memiliki berbagai karakter wajah, tubuh, dan juga sifat. Anda harus pintar-pintar mengamatinya dan menyesuaikannya dengan gaya fotografi Anda. Cairkanlah suasana dengan model Anda agar ia rileks dan tidak kaku, dan jangan ragu untuk mengarahkan gaya mereka untuk mendapatkan hasil yang baik, bagi mereka yang merupakan model pemula.

Namun bagi mereka para model profesional, biasanya mereka tidak akan kesulitan untuk bergaya. Anda hanya perlu sedikit mengarahkan mereka dan mereka akan memunculkan pesonanya dalam jepretan Anda. Jangan ragu pula untuk bercanda atau berkomentar dengan mereka agar mereka lebih rileks dan membuat mereka terlihat percaya diri dan mengagumkan di depan kamera Anda.

4. Perhatikan Cahaya



Dalam memotret, Anda pun harus memperhatikan cahaya yang jatuh pada model Anda agar tidak terlalu silau atau terlalu gelap. Gunakanlah cahaya matahari alami untuk memotret di luar ruangan, lalu pakailah flash pada ruangan gelap atau gunakan reflector untuk memantulkan cahaya pada model agar bayangan pada model nampak terlihat lebih lembut dan sedap dipandang mata.

1 Response to " Tips Dasar Memotret Foto Potrait "

  1. onlineshop7879 says:
    April 6, 2014 at 4:38 PM
    This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment