Dropshipper: Membeli barang di Amazon.com pun butuh hati-hati



Situs website Amazon.com

Di dunia belanja online Amazon.com memang terkenal dengan kualitas servicenya. Namun hal ini tidak membuat Amazon.com sempurna, terutama tentang third party seller (penjual pihak ke tiga) yang menampilkan barangnya di Amazon.com. Di antara para penjual ini banyak yang berdedikasi dalam servicenya; tapi terdapat juga yang hanya bermodal “untung-untungan”. Kasus yang kerap terjadi tentu masalah saat kita membeli barang, eh barang lama sekali sampainya, atau barangnya barang bekas, atau tidak sampai.
Para dropshipper atau penjual yang sebenarnya tidak memiliki barang untuk dijual, tapi mengiklankan barang di halaman amazon.com. Jika penjual itu memang melayani sesuai standard tentu akan ditolerir. Namun yang terjadi sering mereka menyatakan telah mengirim barang padahal barang belum dikirim (bisa ditandai dengan tidak adanya kode lacak dari jasa pengiriman); ini karena mereka membutuhkan waktu untuk mencari barang dengan harga murah dari harga jual mereka kemudian membelinya dari internet dan mengirimnya ke alamat si pembeli. Ini bisa menyebabkan keterlambatan penerimaan barang yang bahkan bisa melampaui batas waktu estimasi pengiriman barang.
Jika tidak begitu, mereka akan mengirim barang apa adanya entah mengirim dengan packing seadanya atau mengirim barang bekas walaupun akadnya adalah barang baru.
Bahkan mereka bisa sengaja tidak megirim barang dan membiarkan pembeli kebingungan, dan bagi yang tidak tahu cara mendapatkan uangnya kembali akan benar-benar kehilangan uangnya.
Yang membikin semakin parah adalah mereka justru menjual barang dengan harga dua kali lipat atau sepuluh kali lipat dari harga pasar dan bahkan lebih. Memang sah-sah saja seseorang menjual barangnya dengan harga setinggi apapun. Tetapi ini akan sangat merugikan bagi mereka yang tidak tahu harga pasar.
Untuk menutupi aksinya, mereka akan membuat terstimoni palsu, atau “membeli” pembeli agar tidak memasukkan keluhannya ke amazon.com sehingga reputasi mereka tetap terjaga dan bisa terus menjalankan aksinya.
Karena itu bagi mereka yang hobi belanja online di amazon.com dan makan membeli dari pihak ke tiga sangat dianjurkan untuk memeriksa apakah mereka termasuk yang dapat dipercaya atau tidak. Bisa tanya dulu ke mbah google apakah sellernya bermasalah atau tidak: “Mbah seller ini yang di amazon.com ada keluhan gak?” (Misalnya seller bernama junkseller, masukkan kata kunci di google.com: amazon.com junkseller complain, atau semisalnya)

0 Response to "Dropshipper: Membeli barang di Amazon.com pun butuh hati-hati"

Post a Comment